Senin, 25 Maret 2013

POROS-POROS RODA GIGI TRANSMISI MANUAL


1.    Poros-Poros Roda Gigi Transmisi Manual
1.1 Poros Input
Poros input berupa satu roda gigi tetap sebagai penggerak.


Gambar 2
Poros Input

1.2 Poros Bantu
Poros bantu merupakan roda-roda gigi tetap (permanent)

Gambar 3
Poros Bantu

1.3 Poros Output
Poros output merupakan susunan roda gigi yang terhubung dan dapat digeser-geser.


1.    Dudukan Bantalan
2.    Dudukan Kopling Geser 2
3.    Dudukan Roda Gigi Bebas Tingkat 3
4.    Dudukan Roda Gigi Bebas Tingkat 2
5.    Dudukan Kopling Geser Bebas Tingkat 1

Gambar 4
Poros output

1.4 Roda Gigi Balik
Roda gigi balik memiliki poros tersendiri, yang bertugas membalik arah putaran untuk keperluan kecepatan mundur.

Gambar 5
Roda Gigi Balik



1.5 Bantalan-Bantalan
Untuk bantalan poros dan roda gigi ada tiga bentuk dan kegunaan, yaitu:
  1. Bantalan bola dan rol yang mendukung poros-poros transmisi yang mampu menerima gaya  aksial dan radial 
  2. Bantalan jarum, dipakai pada roda gigi bebas transmisi dengan dudukan busing, mampu menerima gaya radial dan memperkecil gesekan roda gigi terhadap poros
  3. Bantalan /pilot dipakai pada poros input



Gambar 6
Bantalan poros dan Roda gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar