1. Poros-Poros
Roda Gigi Transmisi Manual
1.1 Poros
Input
Poros
input berupa satu roda gigi tetap sebagai penggerak.
Gambar 2
Poros Input
1.2 Poros Bantu
Poros
bantu merupakan roda-roda gigi tetap (permanent)
Gambar 3
Poros Bantu
1.3 Poros Output
Poros
output merupakan susunan roda gigi
yang terhubung dan dapat digeser-geser.
1. Dudukan Bantalan
2. Dudukan Kopling Geser 2
3. Dudukan Roda Gigi Bebas Tingkat 3
4. Dudukan Roda Gigi Bebas Tingkat 2
5. Dudukan Kopling Geser Bebas Tingkat 1
Gambar 4
Poros output
1.4 Roda Gigi Balik
Roda
gigi balik memiliki poros tersendiri, yang bertugas membalik arah putaran untuk
keperluan kecepatan mundur.
Gambar 5
Roda Gigi Balik
1.5 Bantalan-Bantalan
Untuk
bantalan poros dan roda gigi ada tiga bentuk dan kegunaan, yaitu:
- Bantalan bola dan rol yang mendukung poros-poros transmisi yang mampu menerima gaya aksial dan radial
- Bantalan jarum, dipakai pada roda gigi bebas transmisi dengan dudukan busing, mampu menerima gaya radial dan memperkecil gesekan roda gigi terhadap poros
- Bantalan /pilot dipakai pada poros input
Gambar 6
Bantalan poros dan Roda gigi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar