Senin, 25 Maret 2013

PEMINDAH GIGI


3.3 Pemindah Gigi
3.3.1 jenis pemindah gigi
Ada beberapa macam kontruksi pemindah gigi transmisi menurut model letak tuas pemindahnya. Tiga di antaranya yang umum dipakai adalah :
·         Pemindah langsung
·         Pemindah dari roda kemudi
·         Pemindah pada pengerak depan dengan transmisi melintang.

3.3.1.1 pemindah langsung
Model pemindah langsung merupakan model yang paling sederhana. Kontruksi tersebut dipakai pada kendaraan dengan pemindah tenaga standart. Model ini memiliki keuntungan utama yaitu mudah perawatannya dan tidak perlu service rutin, di samping harganya yang murah.

Gambar 13
Pemindah langsung

3.3.2.1 Pemindah dari roda kemudi

Gambar 14
Pemindah dari roda kemudi

Kontruksi pemindah dari roda kemudi dipakai pada kendaraan dengan transmisi yang terletak di belakang pengemudi. Kontruksi tersebut cukup rumit dan memerlukan perawatan berkala. Perawatan berkala yang dimaksud meliputi:
·         Member vet pada semua bagian engsel yang bergerak
·         Pada jangka waktu tertentu, perlu perbaikan engsel-egsel/ sambungan-sambungannya.

3.3.1.3 Pemindah pada penggerak depan dengan transmisi melintang

Gambar 15
Pemindah pada penggerak depan
dengan transmisi melintang
3.4 Transmisi Pembagi Empat Roda
Beberapa jenis mobil, terutama jenis jeep dan forklip menggunakan penggerak empat roda. Untuk mengatur gerakan roda-roda depan dan belakang, pada system pemindah tenaga dipasang transimi pembagi empat roda (transverse). Alat itu berfungsi untuk melepas dan menghubungkan tenaga putaran terhadapa penggerak roda depan secara mekanis (selektif).

Gambar 16
Transmisi pembagi empat roda

Carak kerjanya adalah sebagai berikut. Kopling geser menghubungkan pada posisi lambat (low)/cepat (higt). Kopling geser penghubung eksel depan penghubung eksel depan menghubung/melepas poros output transmisi pembagi ke poros penggerak eksel depan. Aliran tenaganya sebagai berikut:

Gambar 17
Aliran tenaga pada transmisi pembagi 4 roda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar