3.3 Pemindah Gigi
3.3.1 jenis pemindah gigi
Ada beberapa
macam kontruksi pemindah gigi transmisi menurut model letak tuas pemindahnya.
Tiga di antaranya yang umum dipakai adalah :
·
Pemindah
langsung
·
Pemindah
dari roda kemudi
·
Pemindah
pada pengerak depan dengan transmisi melintang.
3.3.1.1 pemindah langsung
Model
pemindah langsung merupakan model yang paling sederhana. Kontruksi tersebut
dipakai pada kendaraan dengan pemindah tenaga standart. Model ini memiliki
keuntungan utama yaitu mudah perawatannya dan tidak perlu service rutin, di
samping harganya yang murah.
Pemindah langsung
3.3.2.1 Pemindah dari roda kemudi
Pemindah dari roda kemudi
Kontruksi
pemindah dari roda kemudi dipakai pada kendaraan dengan transmisi yang terletak
di belakang pengemudi. Kontruksi tersebut cukup rumit dan memerlukan perawatan
berkala. Perawatan berkala yang dimaksud meliputi:
·
Member
vet pada semua bagian engsel yang bergerak
·
Pada
jangka waktu tertentu, perlu perbaikan engsel-egsel/ sambungan-sambungannya.
3.3.1.3 Pemindah pada penggerak depan
dengan transmisi melintang
Pemindah pada penggerak depan
dengan transmisi melintang
3.4 Transmisi Pembagi Empat Roda
Beberapa
jenis mobil, terutama jenis jeep dan forklip menggunakan penggerak empat roda.
Untuk mengatur gerakan roda-roda depan dan belakang, pada system pemindah
tenaga dipasang transimi pembagi empat roda (transverse). Alat itu berfungsi
untuk melepas dan menghubungkan tenaga putaran terhadapa penggerak roda depan
secara mekanis (selektif).
Transmisi pembagi empat roda
Carak
kerjanya adalah sebagai berikut. Kopling geser menghubungkan pada posisi lambat
(low)/cepat (higt). Kopling geser penghubung eksel depan penghubung eksel depan
menghubung/melepas poros output
transmisi pembagi ke poros penggerak eksel depan. Aliran tenaganya sebagai
berikut:
Aliran tenaga pada transmisi pembagi 4
roda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar